Andil Darwin di Pulau Galapagos dengan animal-nya

galapagos island picture

Galapagos merupakan kepulauan yang merupakan laboratorium Darwin sekaligus rumah bagi berbagai spesies unik flora dan fauna (galapagos animals). Sekitar jutaan tahun yang lalu, Galapagos island terisolasi dari pulau utama Ekuador.

Mungkin hal tersebutlah yang menyebabkan Galapagos memiliki ekosistem yang sangat unik dan beragam. Keunikan dan keragaman flora dan fauna Galapagos mengantarkan Galapagos menjadi pulau yang dimanfaatkan sebagai eco-tourism.

galapagos island picture

Galapagos island picture

Hal tersebut dimaksudkan untuk membagi, menyebarkan, dan melestarikan keindahan Galapagos pada dunia. Hingga saat ini, kelestarian kepulauan Galapagos terus dijaga melalui pengetahuan dan penelitian ilmiah yang terus dilakukan.

Ekspedisi ke Laboratorium Darwin

Galapagos memiliki ekosistem yang dapat dengan mudah terkena dampak perubahan. Oleh karena hal tersebut, perlu dilakukan pengaturan yang lebih untuk menjaga dan melestarikan ekosistem Galapagos.

Salah satunya adalah dengan program pengaturan sampah. Dalam program tersebut, Yayasan Natura bekerjasama dengan World Wildlife Fund mengembangkan proyek demi menjaga ekosistem Galapagos serta taman di Ekuador lainya.

Yayasan tersebut mendaur ulang sampah hasil pariwisata dan populasi di Galapagos yang selanjutnya diolah menjadi bahan material bangunan.

Namun, sampah yang tidak dapat didaur ulang menjadi material bangunan  seperti plastik, minyak bekas, dan sampah lainnya yang tidak dapat mengalami degradasi dibawa keluar wilayah ekosistem Galapagos.

Selain sistem pengaturan sampah, teknologi yang digunakan di ekosistem Galapagos pun merupakan teknologi yang ramah lingkungan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir energi yang digunakan. Teknologi inipun didesign dengan sangat teliti agar tidak banyak menghasilkan sampah anorganik.

Galapagos Animals

Hewan yang ada di Galapagos merupakan hewan yang jinak. Kamu bahkan dapat melihat singa laut, iguana, paus, ikan, penyu, kura-kura, burung gagak, burung hantu dari jarak dekat. Yang mengejutkan, mereka bahkan bertingkah seperti anjing rumahan, sangat jinak. Hal tersebut dapat terjadi akibat hewan-hewan tersebut terlindung secara hukum sehingga tidak ada manusia yang mengganggu hewan-hewan tersebut.

galapagos animals image

Galapagos animals image

Pada akhirnya, mereka tidak merasa terancam dengan kehadiran manusia serta aktivitas manusia. Jika ingin mengunjungi salah satu warisan dunia ini, kita bisa mengikuti ekspedisi yang dilakukan oleh National Geography selama sepuluh hari. Pada hari pertama, kelompok ekspedisi akan berangkat dari Guayaquil dan menginap di hotel yang telah disediakan. Kemudian, pada hari kedua, kelompok ekspedisi akan take off menuju Kepulauan Galapagos. Di hari ketiga, kelompok ekspedisi akan sudah sampai di Pulau Galapagos.

Dari hari ke-3 hingga ke-8, National Geography tidak mewajibkan para rombongan untuk selalu mengikuti acara yang mereka adakan (flexible). Para anggota diberi kebebasan untuk mengeksplorasi alam liar yang dilindungi ini.

Kepulauan Galápagos adalah Darwin Island (Pulau Darwin)

Di Galapagos, kita bisa jalan-jalan bersama ilmuwan lokal, berenang, snorkel, atau bahkan menikmati perairan Galapagos dengan mengendarai Kayak atau Zodiac. Seperti yang telah ketahui, Galapagos tak hanya memiliki flora dan fauna darat yang beragam, namun juga memiliki laut yang indah, termasuk pula organisme lautnya yang juga beraga;

Selain berenang, snorkel, dan bermain kayak serta zodiac, kita dapat juga berlayar dan menyaksikan paus, penyu, penguin, dan singa laut.Berlayar ke pulau yang masih asli ini serta berjalan diantara koloni hewan yang sama sekali tidak takut pada manusia merupakan sensasi yang mungkin tidak akan anda dapatkan selain di Galapagos.

Tinggalkan Balasan